Tuesday, October 27, 2009

Sumpah Pemuda

Memperingati Hari sumpah pemuda 28 Oktober setiap tahunnya....... Ada apa yah ditanggal ini???? Kalo Kita mengingat kembali, pada masa itu gagasan penyelenggaraan kongres pemuda berasal dari Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPPI), sebuah organisasi pemuda yang beranggotakan pelajardari seluruh Indonesia.

Atas inisiatif PPPI, kongres dilaksanakan di tiga gedung yang berbeda dan dibagi dalam tiga kali rapat. Sehingga menghasilkan Sumpah Pemuda.

Sebelum kongres ditutup diperdengarkan lagu “Indonesia” karya Wage Rudolf Supratman. Lagu tersebut disambut dengan sangat meriah oleh peserta kongres. Kongres ditutup dengan mengumumkan rumusan hasil kongres. Oleh para pemuda yang hadir, rumusan itu diucapkan sebagai Sumpah Setia, berbunyi

PERTAMA
KAMI POETERA DAN POETERI INDONESIA,
MENGAKOE BERTOEMPAH DARAH JANG SATOE,
TANAH INDONESIA.

KEDOEA
KAMI POETERA DAN POETERI INDONESIA,
MENGAKOE BERBANGSA JANG SATOE,
BANGSA INDONESIA.

KETIGA
KAMI POETERA DAN POETERI INDONESIA, MENDJOENDJOENG BAHASA PERSATOEAN,
BAHASA INDONESIA

Semoga generasi pemuda bangsa Indonesia, bisa terus menyadari pentingnya arti kesatuan dan persatuan bangsa serta menjunjung tinggi nilai-nilai yang terkandung dalam falsafah Bhineka Tunggal Ika. Tentunya tanpa mementingkan kepentingan golongan.... Hidup Pemuda Indonesia!!!!!

No comments: